Geriatri Dentistry : Jadikan Klinik Gigi Anda disukai Mereka

Geriatri Dentistry : Jadikan Klinik Gigi Anda disukai Mereka

Geriatri Dentistry adalah peluang besar bagi klinik gigi dalam memenuhi kebutuhan lansia. Pelajari cara menghilangkan stereotip, komunikasikan dengan efektif, dan manfaatkan komunitas lansia untuk penyebaran informasi yang lebih luas. Temukan bagaimana klinik gigi dapat menjadi tempat yang disukai oleh lansia dan memperluas pangsa pasar mereka.

 

Klinik dental saat ini sebagian besar mengincar pasar Youth dan mature. Mulai dengan membangun komunikasi yang bisa dijangkau melalui gadget atau akses internet. Desain daripada interior klinik bahkan berusaha memuaskan selera anak muda hingga orang tua baru yang ingin mengantarkan anaknya ke dokter gigi.

Tapi, dalam perkembangan berikutnya, kaum senior citizen justru semakin bertambah. Maka di usia lansia mereka lebih membutuhkan perawatan gigi yang lebih gampang dijangkau mereka. Inilah menjadi peluang besar bagi klinik gigi untuk mulai menargetkan pasar bagi usia lansia mulai dari sekarang.

Daftar isi :
  1. Tantangan dalam Perawatan Gigi Lansia
    1. Peluang Pasar Geriatri Dentistry
    2. Menghilangkan Stereotip dan Mitos
    3. Komunikasi Efektif dengan Lansia
    4. Peran Komunitas Lansia dalam Penyebaran Informasi
    5. Kesimpulan

Tantangan dalam Perawatan Gigi Lansia

Banyak klinik terlalu fokus pada target usia produktif membuat pendirian klinik tidak menjadi soal ketika klinik itu berdiri di ruko yang memiliki tingkat hingga level 3 ke atas. Seringnya ruang prakteknya di mana pasien harus menaiki tangga. Padahal, tentu saja menaiki tangga untuk mendapatkan perawatan tidak akan membuat lansia nyaman. Itu baru salah satu contoh bagaimana klinik gigi luput memperhatikan pasar yang disebut geriatri dentistry ini.

Geriatri Dentistry : Jadikan Klinik Gigi Anda disukai Mereka
Geriatri Dentistry : Jadikan Klinik Gigi Anda disukai Mereka

Padahal populasi geriatri memiliki kebutuhan lebih tinggi untuk masalah gigi mereka dan mulut. Hal ini tentu akan mengganggu kualitas hidup mereka jika tidak mendapatkan perawatan yang mudah dijangkau oleh mereka.

Peluang Pasar Geriatri Dentistry

Ini jelas sesuatu yang menarik dalam industri klinik gigi. Kaum lansia yang selama ini mungkin dianggap tidak memiliki motivasi lagi dalam perawatan estetika, kini mereka memiliki status simbol sebagai kelompok yang tetap ingin mandiri. Usia produktif terkadang tidak berbanding lurus dengan penghasilan. Sedangkan, para lansia mungkin memiliki daya belanja namun saja mereka lebih sensitif untuk mengeluarkan uang tabungan mereka pada hal-hal yang disajikan.

Faktor-faktor yang mempengaruhi usia lansia dalam menentukan keputusan dalam berbelanja jelas bukan yang bersifat trend apalagi gengsi. Mereka lebih mengutamakan rasa nyaman. Kepercayaan, dan seperti memiliki teman. Begitu juga dalam hal-hal perawatan gigi dan mulut mereka. Diharapkan klinik gigi yang nyaman untuk mereka ceritakan keluhannya, akan lebih masuk ketika dokter bicara soal-soal harapan untuk mempertahankan gigi asli mereka setelah usia di atas 60 tahun.

Menghilangkan Stereotip dan Mitos

Mulai dari Mana?

Mulai dari mengangkat stereotipe dan mitos soal-soal gigi di usia senja. Segmen lansia saat ini memiliki pola pikir yang cukup berbeda dengan usia produktif. Mereka memiliki dorongan yang kuat untuk percaya pada informasi yang ingin mereka percaya. Itulah banyak sekali keluhan seperti grup chat keluarga lebih kuat arus informasi yang diragukan kebenarannya. Selama itu menarik dan merangsang daya kritis mereka (Lansia) maka mereka dengan semangat menyebarkan ke orang lain. Tentu saja selain karena mereka memiliki banyak waktu luang.

Geriatri Dentistry : Jadikan Klinik Gigi Anda disukai Mereka
Geriatri Dentistry : Jadikan Klinik Gigi Anda disukai Mereka

Komunikasi Efektif dengan Lansia

Maka, klinik gigi harus mampu memberikan informasi yang menarik bagi para senior citizen sehingga mereka terpapar dengan informasi yang benar dari para dokter gigi. Media-media yang dipilih pun harus sesuai dengan kebiasaan mereka. Kita perlu paham juga bahwa banyak juga para usia lansia mencari informasi melalui sosial media. Diikuti beberapa data, pengguna sosial media usia 65 th ke atas mencapai 5 juta lebih pengguna. Bahkan, untuk konten di tiktok ada postingan sekitar 1,382 video yang diposting oleh pengguna tiktok di usia 60 tahun ke atas (riset : Dr. Reuben Ng).

Geriatri Dentistry : Jadikan Klinik Gigi Anda disukai Mereka
Geriatri Dentistry : Jadikan Klinik Gigi Anda disukai Mereka

Peran Komunitas Lansia dalam Penyebaran Informasi

Maka, melakukan komunikasi di sosial media tetap menjadi pilihan efektif dan efisien bagi klinik gigi walalupun yang ditargetkan adalah usia lansia. Dalam konteks pasar lansia, klinik gigi yang mampu menjadi teman baru mereka, bisa mengambil peran dalam merawat gigi dan mulut mereka. Hal ini bisa diwujudkan dengan menjadi teman sumber informasi yang dipercaya, nyaman ketika mereka berada di klinik, dan juga mengedepankan pelayanan yang tulus. Dan biasanya, komunitas lansia lebih cepat dipercaya ketika ada penyebaran informasi yang menarik. ‘Hei, aku masih bisa makan kerupuk gara-gara ke klinik gigi ABC lho’.

Kesimpulan

Pasar geriatri dentistry adalah peluang besar bagi klinik gigi dalam mengembangkan bisnis mereka. Dengan memperhatikan kebutuhan khusus lansia dalam perawatan gigi dan mulut, serta menggunakan komunikasi yang efektif dan membangun hubungan yang baik dengan lansia, klinik gigi dapat menjadi tempat yang disukai oleh mereka. Dengan demikian, klinik gigi dapat memperluas pangsa pasar mereka dan memberikan pelayanan yang berkualitas kepada lansia.

Loading

Artikel ditulis oleh :


Jika Anda ingin tahu artikel lain yang serupa dengan Geriatri Dentistry : Jadikan Klinik Gigi Anda disukai Mereka, Anda bisa mengunjungi kategori Digital Marketing.

Artikel Terkait

Go up