Melirik Pasar Dental Supplier Secara Online dan Offline Pada Dokter Gigi Gen Z

Melirik Pasar Dental Supplier Secara Online dan Offline Pada Dokter Gigi Gen Z

Belum lama, Populix merilis hasil riset tentang penggunaan jasa pengiriman logistik yang dilakukan secara online pada Tahun 2023 terkait perilaku belanja online gen Z di Indonesia. Survei dilakukan dengan melibatkan sebanyak 1,577 responden laki-laki dan perempuan dalam bentuk kuesioner pilihan ganda tunggal, ganda kompleks, skala likert, dan isian singkat.

Melirik Pasar Dental Supplier Secara Online dan Offline Pada Dokter Gigi Gen Z

Hasilnya sebesar 88% dari partisipan gen Z mengaku menggunakan layanan pengiriman untuk pembelian online dan 12% lainnya menggunakan layanan pengiriman untuk kebutuhan pribadi. Bahkan, rata-rata responden menggunakan jasa pengiriman sebulan lebih dari dua kali.

Hasil survei juga mengatakan bahwa kepuasan pelanggan cukup tinggi. Hal ini menunjukkan jika gen Z menaruh kepercayaan pada jasa pengiriman dalam proses transaksi belanja mereka. Iwan Setiawan selaku CEO Marketeers menilai bahwa bahwa gen Z adalah makhluk phygital yaitu hidup di dua dunia, online dan offline. Mereka tidak melihat adanya batas antara fisik dan digital sehingga dapat merangkul pemasaran secara omnichannel.

Lalu, Bagaimana Kaitannya dengan Para Dokter Gigi?

Melirik Pasar Dental Supplier Secara Online dan Offline Pada Dokter Gigi Gen ZRata-rata daya tampung Fakultas Kedokteran Gigi di masing-masing universitas mencapai 500-700 mahasiswa setiap tahunnya. Menurut PDGI, di Tahun 2022 jumlah kelulusan mahasiswa kedokteran gigi berada di angka 2.500-an. Berdasarkan data tersebut, berarti ada 2.500-an dokter gigi yang masuk pada gen Z serta memiliki potensi pasar gen Z dari calon dokter gigi yang masih menjalankan studi.

Dari angka tersebut, maka ini menjadi strategi yang sangat penting bagi dental supplier untuk memastikan agar selalu hadir secara online dan offline. Untuk memastikan bahwa perusahaan penyedia produk dental dapat tercapai di dunia online saja sebenarnya membutuhkan persistensi dan komitmen tinggi dari pemilik perusahaan.

Melirik Pasar Dental Supplier Secara Online dan Offline Pada Dokter Gigi Gen Z

Salah satu manfaat yang begitu nyata didapatkan pada dental supplier yang mau melibatkan integritas antara kehadiran digital dan konvensional adalah informasi produk akan tersampaikan dengan jelas kepada para dokter gen Z. Konsistensi untuk menghadirkan informasi produk menjadi pendekatan yang penting bagi konsumen yaitu dokter gigi.

Kemudahan untuk mendapatkan informasi dan terlebih belanja secara online tentu memberikan rasa kohesi yang lebih besar kepada dokter gigi. Mereka merasa diakui dan dihargai, tanpa adanya batasan antara dunia digital dan fisik. Hal ini terlihat dari hasil survei Populix, bahwa ada sekitar 23% yang membeli produk kesehatan atau alat kesehatan.

Semangat terus untuk menggapai dokter gigi gen Z. Saya bersama klien-klien Kreatif Digi terus konsisten dan berinovasi dalam menyampaikan informasi produk dari segala channel yang ada. Mulai dari pembuatan landing page yang bertujuan untuk memudahkan para dokter dalam mendapatkan informasi hingga kemudahan dalam berbelanja. Kreatif Digi juga selalu mendampingi dental supplier yang hendak mengadakan pameran sehingga kebutuhan desain dapat dibuat sesuai kebutuhan. Kualitas informasi yang disajikan juga menjadi salah satu yang dirasakan oleh para dokter gigi dalam menentukan produk yang akan dipilih.

Loading

Artikel ditulis oleh :

Content Writer at Kreatif Digi | Website

Content Writer untuk Kreatif Digi yang menggeluti artikel SEO di berbagai topik: Digital Marketing, kesehatan, Bisnis dan Gaya Hidup.


Jika Anda ingin tahu artikel lain yang serupa dengan Melirik Pasar Dental Supplier Secara Online dan Offline Pada Dokter Gigi Gen Z, Anda bisa mengunjungi kategori Digital Marketing.

Artikel Terkait

Go up