Kreativitas Konten tidak Instan Bagi Dental Supplier

Kreativitas Konten tidak Instan Bagi Dental Supplier

Kreativitas dalam membuat konten sangat penting agar konten tersebut menjadi relevan untuk para dokter gigi. Akan tetapi, sering dilupakan oleh dental supplier dalam membuat konten tidak mempertimbangkan seni dan proses kreativitas yang menjadi jantung dan darah bagi konten tersebut.

Kreativitas Konten tidak Instan Bagi Dental Supplier

Hal tersebut membuat banyak pelaku usaha dental terjebak pada orientasi produk dan memberikan sebanyak mungkin fitur-fitur produk yang membosankan. Hasilnya, konten tersebut tidak membuat para dokter tertarik apalagi mengingat produk-produk yang dimiliki para dental supplier.

Berdasarkan laporan Perusahaan konsultan branding dan analisis data asal Inggris, Kantar melaporkan bahwa memainkan emosi saat membangun citra merek melalui konten menjadi efektif untuk saat ini. Kantar melakukan pengukuran dari tiga indicator yakni mendorong brand equity dalam jangka Panjang (Skor 82), menghasilkan dampak yang lebih besar (Skor 83), serta peluang menjadi viral (74).

Kreativitas Konten tidak Instan Bagi Dental SupplierSaya melihat bahwa dari laporan penelitian tersebut, konsumen senang dengan brand yang konsisten dan melihat proses citra mereka dalam menyajikan konten. Sedangkan menjadi viral bukanlah menjadi nilai teratas bagi konsumen.

Konsumen lebih suka melihat waktu demi waktu konten pada sebuah merek berkembang dan pada akhirnya memberi dampak yang lebih besar dari waktu ke waktu. Nah, apa yang ingin saya sampaikan?

Selama saya melayani dental supplier, terkadang klien suka atau berharap konten yang kami buat dapat langsung memberikan dampak yang besar dan kalau bisa viral. Hal ini dapat saya mengerti karena trend media sosial sekarang patokannya adalah viral. Banyak-banyakan komen, like dan share.

Pentingnya Kembali pada Formula ABCD

Kreativitas Konten tidak Instan Bagi Dental SupplierSalah satu artikel yang ditulis Tri Kurnia Yunianto (Jurnalis bisnis) dikatakan pentingnya sebuah konten Kembali kepada Formula ABCD. Secara umum, ABCD: Attention, branding, connection, dan direction.

Sering kali dalam pembuatan konten, klien terlalu berpusat pada attention dan loncat langsung direction. Seperti layaknya formula, untuk mencapai keberhasilan ramuan tentu formula harus diikuti secara berurutan.

Attention sendiri adalah bagaimana konten dibuat yang mampu menarik perhatian konsumen. Hal ini tentu berhubungan dengan penulisan kata, estetika desain, proses editing dan juga tampilan hingga suara. Dalam proses attention sangat dibutuhkan kemampuan copywriting yang baik dan penggambaran konten yang bagus. Seringnya jika formula ABCD ini tidak memberi hasil yang baik, maka dari proses inilah yang paling sering dilakukan uji-gagal.

Branding adalah teknik pembuatan konten yang mampu menampilkan identitas apa yang ingin dicapai oleh pelaku usaha. Sebagai contoh, ada sebuah dental supplier yang dikenal sebagai penyedia bahan dan alat kedokteran gigi dimana produk mereka tersedia dengan merek internasional yang sudah diakui dunia. Maka, image itu akan selalu mengikut pada konten tersebut. Cenderung menggunakan warna yang sama dengan citra merek, menggunakan tagline yang konsisten, dan juga identitas yang tidak terlalu sering berubah.

Connection yang sering dilewatkan saat membuat konten sebab ukurannya intangible yaitu hanya dapat dirasakan dan tidak terlihat secara nyata. Layaknya menjalin hubungan dengan manusia, tentu saja ada hal-hal yang harus diperhatikan. Misalnya, saat kita baru kenalan dengan orang, jika orang itu tidak pernah muncul lagi di depan kita, tentu kita segera melupakan.

Secara konkret, misalnya jika ada dokter baru yang membeli bahan dental dari anda, lalu anda tidak pernah lagi menyapa, atau muncul yang sekiranya dokter tersebut ada, maka kemungkinan besar dokter itu melupakan merek anda. Maka, formula connection menjadi penting. Konten perlu dibuat secara rutin. Anda jangan terjebak “Wah, produk ini sudah pernah dibuat kontennya, jangan diulang lagi.” Itu adalah jebakan berpikir yang bisa membahayakan terkoneksinya merek anda dengan dokter-dokter.

Justru anda harus mengulang, mengingatkan serta mengajak kembali dengan tempo waktu yang telah direncanakan dengan baik agar tidak menjenuhkan. Maka, konten perlu menyentuh emosi pembacanya. Seperti orang yang baru kita kenal, jika ia sering muncul, menyapa dengan hangat dan membangun komunikasi singkat-singkat namun terus menerus, bukankah akan menjadi akrab kemudian hari?

Direction merupakan petunjuk yang jelas dan sederhana bagaimana konsumen mencapai anda jika membutuhkan informasi lebih lanjut soal konten tersebut. Mereka mudah mendapatkan akses informasi yang hanya ‘klik! Klik!’ dari HP mereka langsung ia menemukan berbagai informasi yang mereka butuhkan dengan merek anda.

Kreativitas Konten tidak Instan Bagi Dental Supplier

Jangan Putus Asa!

Banyak sekali dental supplier merasa frustasi dalam kerepotannya membuat konten. Sudah Lelah membuat konten namun tidak memberikan dampak yang besar pada bisnis. Jumlah like sedikit, komentar tidak ada, peningkatan follower tidak signifikan. Selama anda terus memberikan konten pada calon konsumen anda sebenarnya anda sedang menyapa dan menjalin hubungan pada konsumen. Jika anda berhenti menyapa, justru ini akan membuat anda makin tenggelam di era konten menjadi raja dalam bisnis.

Konten yang baik adalah konten yang terus muncul di layar handphone para dokter. Hal ini dapat memberi dampak positif bagi benak dokter bahwa merek anda sebagai dental supplier masih ada dan terasa dekat jika bertemu di pameran dental. Indikator keberhasilan konten tidak menjadi valid dari ukuran engagement rate semata. Sebuah keberhasilan konten diukur dari berbagai variabel, misalnya dari dokter yang paham anda jual produk apa saja, kenal saat melihat booth anda di pameran, dan sales anda serasa bicara dengan sahabat lama saat bertemu menjelaskan produk anda. Bagaimana kita dapat menjangkau itu jika bukan melalui konten?

Mary Kyriakidi, Global Thought Leader Brand Kantar mengatakan bahwa konten bukan hanya sekedar eksistensi di media sosial, melainkan tempat untuk saling terhubung antara merek dan audiens. Maka, kehadiran anda yang selalu terlihat dan kena di hati menjadi konten itu berhasil.

Dalam hal ini, saya paham betul terkadang putus asa disebabkan semua waktu habis hanya untuk membuat konten namun hasilnya tidak instant. Itulah kenapa klien-klien dental supplier kami banyak terbantu oleh Kreatif Digi dalam membuat konten yang konsisten sehingga waktu klien tidak terkuras banyak membuat konten. Sebagai agensi digital marketing yang berpengalaman sejak tahun 2019 di dental dan healthcare, saya sudah banyak membantu klien untuk tetap menjaga konsistensi dalam persaingan konten di industri tersebut.

Loading

Artikel ditulis oleh :


Jika Anda ingin tahu artikel lain yang serupa dengan Kreativitas Konten tidak Instan Bagi Dental Supplier, Anda bisa mengunjungi kategori Digital Marketing.

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Go up